Saturday, January 16, 2010

20 March 2009 Menu Recent Comments : Antara Penting dan Tidak Penting

Sebenarnya saya tidak terlalu pede untuk mengangkat topik tentang sesuatu yang terkesan sepele ini. Yach, daripada terlalu idealis dalam memilih topik postingan, saya pikir lebih baik sekali-sekali mengupas sesuatu yang terkesan remeh (biar remeh, tapi punya pengaruh besar lho..hehehe).


Sebenarnya saya tidak terlalu pede untuk mengangkat topik tentang sesuatu yang terkesan sepele ini. Yach, daripada terlalu idealis dalam memilih topik postingan, saya pikir lebih baik sekali-sekali mengupas sesuatu yang terkesan remeh (biar remeh, tapi punya pengaruh besar lho..hehehe).

Oke deh. Kita langsung ke pokok bahasan saja ya. Saya yakin, sebagian besar blogger mungkin sudah mengetahui apa itu menu Recent Comments. Kalaupun ada yang belum tau, baiklah, saya jelaskan sedikit. Recent Comments adalah suatu menu yang berfungsi menampilkan list/deretan komentar terbaru yang masuk pada sebuah blog. Nah, sudah jelas kan maknanya?

Masalahnya, pada platform blog tertentu (misalnya blogger/blogspot), menu ini tidak tersedia dalam default settingan bawaan template-nya. Untuk memasangnya, kita mesti menambahkan secara manual.

Ok. Kalau begitu, kira-kira penting nggak ya menu Komentar Terbaru ini kita pasang pada blog kita? Jawabannya tentu saja terpulang pada diri kita masing-masing sebagai blogger.

Bagi saya sendiri ketika masih newbie sebagai blogger, menu ini sama sekali saya acuhkan dan anggap tidak penting. Namun seiiring bertambahnya pengalaman dan jam terbang saya di dunia blogging (ceilleee), menu Recent Comments ini akhirnya saya anggap sangat penting untuk dipasang pada blog saya.

Maklumlah, semakin bertambahnya umur blog ini, jumlah postingannya pun semakin banyak. Begitu pula dengan trafik pengunjungnya. Terlebih usai saya blogwalking atau usai memposting suatu topik yang sedang hangat. Nah, dari situ biasanya akan masuk banyak komentar.

Bayangkan, kalau saya tidak punya menu perekam (tracker) semacam Recent Comments, tentunya saya akan kesulitan untuk melacak postingan mana saja yang terdapat komentar baru. Nggak mungkin dong kalo saya harus membuka satu per satu postingan untuk mengeceknya Terlebih jika komentar tersebut masuk pada postingan-postingan yang agak lawas (terutama yang sudah tidak tampil pada halaman utama). Apalagi kalau komentar tersebut perlu segera ditanggapi atau dijawab. Terlebih pula, saya cuma punya satu kali kesempatan untuk online dalam sehari, sehingga bisa saja ada komentar yang luput dari pengamatan saya saat online.

Untunglah sekarang saya sudah memasang menu Recent Comments (yang berisikan list 10 komentar terbaru). Sebelumnya saya setting 5 komentar terbaru saja yang tampil (dengan menggunakan menu feed pada bagian add gadget di elemen halaman blogger). Namun seiiring bertambahnya trafik blog ini dalam 2 minggu terakhir, akhirnya saya menggunakan widget Recent Comments dalam bentuk javascript, yang memuat 10 komentar terbaru. Widget tersebut lebih cepat dalam menampilkan komentar yang baru masuk (ketimbang menu feed comments yang saya gunakan sebelumnya).

Asyiknya lagi, jumlah list komentar yang tampil bisa kita atur sendiri sesuai dengan kondisi trafik komentar yang masuk pada blog kita dalam sehari.

Sementara ini saya setting 10 komentar saja. Namun jika suatu saat trafik harian blog ini makin bertambah, saya akan menambah jumlah settingan list-nya (bisa menjadi 15 atau bahkan 20 komentar terbaru).

Nah, bagaimana dengan blog anda? Seberapa pentingkah keberadaan menu Recent Comments ini bagi blog anda? Apakah anda merasa cukup membutuhkan keberadaan menu ini? Apakah anda merasa cukup terbantu dengan keberadaannya? Atau malah kurang mempedulikan dan merasa kurang memerlukannya? Atau bahkan tidak memasangnya pada blog anda?

Tanpa bermaksud menggurui. Jika anda termasuk blogger yang ingin menjadikan blog anda lebih ramah pengunjung, ada baiknya mempertimbangkan untuk memasang menu Recent Comments ini pada sidebar blog anda. Terutama jika jumlah postingan anda sudah lebih dari 5. Apalagi jika sudah mencapai puluhan.

Kalaupun sobat sekalian merasa menu ini kurang begitu penting, setidaknya sobat bisa mempertimbangkan sisi positif lain dari adanya menu ini. Bagaimanapun juga, pengunjung anda adalah manusia (yang punya perasaan). Manusia yang terkadang juga butuh penghargaan. Manusia yang merasa senang ketika eksistensi dan sumbangsihnya pada suatu blog bisa segera terlihat usai ia memberikan komentar. Efek psikologis yang tentu saja sangat baik bagi kenyamanan dan kepuasan pengunjung blog anda. Dari efek tersebut, anda sebagai pemilik blog berpotensi untuk mendulang lebih banyak lagi komentar (dari si pengunjung yang merasa senang tersebut).

Nah, sama-sama untung kan pada akhirnya?

Sepintas memang terlihat sepele dan kurang berarti, namun setelah saya renungkan, keberadaan menu Recent Comments ternyata punya pengaruh dan andil cukup besar dalam menambah daya pikat dan daya ikat blog kita.

Bagaimana menurut anda? Senang sekali jika anda mau berbagi pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.
(sumber blog lain)

0 comments:

Post a Comment

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

SELAMAT DATANG DI BLOGKU © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu