Sunday, February 14, 2010

Menyetir Mobil Manual

Hari ini, untuk kelima kalinya aku bawa mobil sendiri! Yay! Masih ditemenin bapak sih. Siap-siap gitu perseneling. Maklum lah takut kalo ada apa-apa… :) Dalam post kali ini, gw bakal nulis apa aja yang gw ketahui tentang menyetir mobil manual (belom pernah jajal matic).

Ciri khasnya mobil manual yaitu adanya tangkai di sebelah kiri pengemudi. Fungsinya untuk mengatur persneling. Gw sih biasanya nyebutnya gigi. Gak tau deh tuh istilah bener ato gak. Buat pindah persneling, caranya injek kopling full (ampe mentok), terus tinggal gerakkin deh tangkainya. Ada tulisannya koq 1-2-3-4-5-R. Kalo di tengah-tengah, itu posisi netral. Aman dan mobilnya gak bakal jalan.

Di bawah ini adalah kapan gigi 1-2-3-4-5-R digunakan (setau gw);

  • Gigi 1: pada saat mobil baru dijalankan/ pada saat macet
  • Gigi 2: setelah mobil sudah lumayan berjalan (setelah gigi 1)/ pada saat akan berbelok
  • Gigi 3: jalan raya yang cukup lancar
  • Gigi 4: jalan raya sangat lancar
  • Gigi 5: jalan tol
  • Gigi R: mundur

Gw bisa maju, mundur, belok, dan nanjak loh :P

Maju:

  1. Injek kopling full.
  2. Masukkin gigi 1.
  3. Angkat kopling pelan-pelan sambil injek gas.
  4. Jalan deh mobilnya.

Mundur:

  • Sama aja kek maju. Setirnya diputer ke kiri, pantat mobil ke kiri. Setirnya diputer ke kanan, pantat mobil ke kanan.

Belok:

  1. Nyalain sen (yang cetak-cetek kanan-kiri itu).
  2. Injek kopling setengah. Sambil injek rem kalo perlu (terutama dari kecepatan tinggi).
  3. Puter setir ke kiri/ kanan sesuai kebutuhan

Nanjak: (buat kondisi mobil dari stop mao jalan di tengah-tengah tanjakan)

Pake rem tangan:

  1. Injek kopling full. Masukkin gigi 1.
  2. Angkat kopling pelan-pelan ampe suara mesin terdengar beda. Agak gretek-gretek gitu.
  3. Turunin rem tangan.
  4. Kalo bener ngangkat koplingnya, pasti mobilnya gak mundur tapi diem. Tinggal ngegas deh ato angkat kopling dikit lagi.

Gak pake rem tangan:

  1. Pas kondisi kopling full dan rem diinjek, angkat kopling pelan-pelan ampe suara mesinnya beda.
  2. Angkat rem kaki. Kalo bener pasti mobilnya juga ga turun. Sisanya tinggal ngegas ato angkat kopling sedikit.

Keknya segitu doank yang bisa gw sharing :P Besok muter-muter lagi ah (sok hebat). Minggu lalu udah hampir nabrak pagar rumah orang di gang. Tapi untung sempet ngerem. Haha :D Semoga diri gw diberkatin Tuhan besok.

Updated (14 february 2010/imlek n valentine..)

Gw udah menemukan cara yang lebih efektif buat mobil kalo di tanjakan. Daripada dengerin ampe mesinnya gretek-gretek mendingan lakuin sbb: (dengan rem tangan)

  1. Pas lagi di tanjakan kan posisinya rem tangan diangkat dan gigi netral. Injek kopling dan masukkin ke gigi 1 (disarankan untuk tanjakan gigi 1 aja).
  2. Angkat kopling pelan-pelan sambil injek gas (kek mao jalanin mobil biasa). Rem tangan jangan diturunkan.
  3. Kalo mobilnya udah bergerak naik sedikit aja, langsung turunin rem tangan. Mobil gak bakalan turun deh.

Kalo gretek-gretek gak efektif di jalanan macet. Udah lama, nanti merosot lagi. Kalo cara yang ini kan lebih terjamin. Gw sih lebih suka cara yang terakhir ini :)

14 comments:

wah malu nih, saya blum bisa nyetir mobil...bari bisa nyetir motor aja...hehehe, tp thanks tipsnya...sukses slalu dan smoga berhasil jg ntuk pemantapan provinsinya :)

gak paham karena gak pernah nyetir sih, ehehehe

aku aja baru blajar mas..

wah ..... yea membantu bgt ...
Cangung bgt wkt mau nge-gas gigi1 ,, huh ...

mw tantangan tanjakan? jalur nagreg kyny cocok... klo g y puncak... haha

Thanks sharingnya bos,sangat membantu,lagi belajar nich,jadi tambah PEDE

Mantap gan, memang rada susah berhenti ditanjakan.....

yg begini yg patut dapat award dari pemerintah, catatan pendek tapi penting bangget buat yg mau belajar nyetir tapi tengsin minta ajarin orang..TOP Bro..

thanks ya infonya..td siang sy nyoba ditanjakan..eh malah ada mobil angkot didepan brenti mendadak..jd grogi mesin mobil jd mati..pdhl udh nginjek kopling sm ngegas sedikit..untung kg nyenggol mobil dibelakang..

Saya minggu lalu,latihan les nyetir mobil dgn latihan tanjakan

Post a Comment

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

SELAMAT DATANG DI BLOGKU © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu