Saturday, May 8, 2010

Alasan Orang Mengunduh Ilegal

CALIFORNIA - Aksi ilegal download kian hari kian marak. Industri musik, film dan konten mulai meneriakkan kampanye penghentian ilegal download di dunia maya. Sebenarnya apa yang menyebabkan orang lebih memilih untuk mengunduh secara ilegal?

Menurut survei CoreData terhadap sekira 7.000 orang, ada berbagai macam alasan untuk mendownload selain persoalan harga. Selain itu, survei juga menemukan bahwa orang sebenarnya mau untuk membayar setiap file yang diunduh jika harganya sesuai.

Seperti dilansir News.com.au, Jumat (7/5/2010), sejumlah kategori yang paling sering diunduh di antaranya, serial TV, film dan musik.

"Sepanjang 12 bulan terakhir, 86,8 persen orang mengaku sangat rutin melakukan pengunduhan secara ilegal, terutama untuk acara televisi" tulis CoreData.

Alasan utama orang mengunduh acara Televisi karena jika seseorang menonton di televisi waktunya terlalu lama, selain itu bila unduhan acara televisi tak diganggu dengan iklan sehingga hanya acara saja. Dan tentu saja, bila mengunduh tayangan televisi, seseorang bisa menontonnya kapan saja atau dengan kata lain bisa diputar kapan saja. Alasan lainnya, adalah mereka ingin berbagi dengan teman mengenai sebuah tayangan televisi.

Ketika responden ditanya tentang harga yang cocok untuk sebuah tayangan televisi, responden menjawab harga yang cocok adalah USD1 per episode. Sedangkan sebanyak 33,6 persen responden menginginkan unduhan sebaiknya gratis.

Sementara untuk kategori film, alasan orang mengunduh di antaranya karena pergi ke bioskop dinilai terlalu mahal. Faktor perkembangan teknologi pun mendorong seseorang untuk melakukan aksi unduh ilegal. Responden menyatakan, film-film lawas tak mendukung teknologi DVD atau Blu-Ray sehingga mereka harus melakukan aksi ilegal. (ugo)SMBR:OKEZONE

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

SELAMAT DATANG DI BLOGKU © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu