Sunday, January 24, 2010

Kode Etik Blogger Indonesia

Nihhh aku dapet artikel baru dari sebuah buku.....

etika bloggerPerlukah dunia blog (blogging) memiliki kode etik? Belajar dari kasus Bu Prita dan umpatan Luna Maya di Twitter (yang berbuah tuntutan), sudah saatnya kita tahu batasan beruneg-uneg via media online.

Kebebasan berekspresi bukan berarti harus ‘menelanjangi’ diri kita sendiri. Mungkin banyak penulis online (seperti blogger) yang masih suka mencampuradukkan antara fakta dan persepsi pribadi. Hasilnya, tidak ada batasan yang jelas antara kenyataan, opini, dan spekulasi. Semua menjadi kabur.

Pembaca bisa disesatkan oleh tulisan yang seperti itu. Yang paling mengerikan, bisa timbul gejolak massal (yang sebelumnya mungkin tak terpikirkan oleh sang penulis). Sebelum hal itu terjadi, tidak ada salahnya kita menyimak sebuah artikel bagus berjudul Ini Kode Etik(a) Blog. Ditulis oleh Nukman Luthfie, seorang Online Strategist yang cukup ternama di dunia online Indonesia.

Di dalam artikel blognya, Pak Nukman dengan lugas dan cerdas membeberkan 11 kode etik blogger. Disertai dengan penjelasan yang cukup mudah dipahami per poinnya. Dijamin tidak akan membuat kening anda berkerut.

Saran buat pembaca

Jika ingin memperoleh manfaat maksimal, sebaiknya anda simak dengan seksama deskripsi setiap poin yang dicetak tebal. Sebab sangat mungkin anda bisa salah tafsir atau menganggapnya klise jika cuma fast-reading (hanya membaca poin yang dibolding).

Ok. Silakan langsung berkunjung ke artikel aslinya. Dan jangan lupa berkomentar di sini jika sudah membacanya (*ngarep mode on*)

sumber gambar : road-entrepreneur.com

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

SELAMAT DATANG DI BLOGKU © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu