Sunday, January 24, 2010

Solusi untuk Tampilan Paragraf di Area Posting Melebar

mata lelahApakah blog anda memiliki area posting yang cenderung melebar? Jika ya, sudah cukup nyaman dibacakah tampilan paragraf di area tersebut?

Untuk memenej kolom posting yang lebar, kita membutuhkan sedikit kreativitas dan kejelian. Semuanya bertujuan demi tercapainya tingkat keterbacaan yang baik dari tampilan artikel yang kita publish.

Pada theme/template blog dengan kolom posting yang cenderung melebar atau luas, pembaca berpotensi untuk menjadi ‘cepat lelah’, terutama jika :

  • font yang digunakan terlalu kecil
  • jenis font yang dipilih kurang nyaman di mata
  • menggunakan perataan justify
  • warna font yang digunakan kurang hitam
  • jarak spasi antar barisnya terlalu rapat (kurang renggang)
  • cuma tersusun atas blok-blok paragraf yang monoton (tanpa image, screenshoot, bullet/numbering, blockquote, atau penekanan khusus pada kata/frasa/kalimat tertentu).



5 Solusi untuk tampilan paragraf di area posting melebar :


1. Sesuaikan antara jenis font dan ukurannya.


Untuk tampilan artikel di website/blog, font Arial mungkin akan terasa lebih nyaman di mata jika diimbangi dengan ukuran sebesar 13 - 14 px. Untuk Verdana, minimal sebaiknya 12 px. Jika kurang dari itu, kemungkinan paragraf akan menjadi cukup melelahkan untuk dibaca.

2. Perbesar ukuran padding post.


Yaitu jarak antara tepi paragraf dengan batas kolom posting. Dengan memperlebar/memperbesar ukuran padding-post, kita bisa memperpendek lebar paragraf sehingga tidak menjadi begitu melelahkan untuk dibaca.

3. Gunakan perataan left.


“Dianjurkan untuk menghindari pemakaian blok teks ‘justified’ pada kolom web yang lebar dan panjang” (dikutip dari artikel Konten Web Sebaiknya tidak Memakai Justified Text).

Kutipan pernyataan di atas bukannya tanpa dasar yang kuat. Coba anda buktikan dengan membaca sebuah artikel yang agak panjang pada blog/web dengan kolom melebar. Dan khususnya lagi yang menggunakan align-justify. Tidakkah akan terasa melelahkan?

Bandingkan jika artikel pada kolom melebar tersebut menggunakan perataan left. Mana yang terasa lebih enak/nyaman dibaca? Mana yang menurut anda tidak cepat menurunkan konsentrasi membaca? Mana yang tidak cepat menurunkan mood anda untuk menyimak isinya hingga tuntas?

4. Perbesar jarak spasi antar baris.


Jarak spasi antar baris yang terlalu rapat (dalam sebuah paragraf) membuat pembaca cepat mengalami stress. Apalagi jika diperparah dengan ukuran font yang kecil, jenis font yang kurang eye-friendly, dan ditambah pula dengan lebar paragraf yang terlalu luas.

Sempurnalah kesengsaraan pembaca

Oleh sebab itu, coba perbesar/tambah ukuran line-height (spasi antar baris) di area posting blog anda. Tidak ada standar baku untuk hal ini. Namun 1.6 em mungkin sudah cukup bagus untuk memberi sela yang jelas antar baris.

5. Sisipkan image, screenshoot, tabel, bullet, numbering list, atau blockquote.


Untuk hal ini, saya sangat salut pada pengelola blogodolar.com (yaitu Kang Yudiono) yang terlihat sangat piawai mengakali tampilan artikel-artikel di blognya yang punya kolom posting melebar, sehingga tetap terasa nyaman untuk dibaca/disimak hingga tuntas.

Dan walaupun blog tersebut menggunakan perataan justify, saya lihat masih cukup enak untuk dibaca (tapi mungkin bisa dicoba menggunakan align-left ya Kang, siapa tau jadi lebih nyaman buat pembaca).

Referensi mengenai tips kelima ini bisa anda baca pada artikel :

---

Ok. Cukup 5 tips yang bisa saya bagikan kali ini. Jika ada yang mau menambahkan atau ada yang ingin didiskusikan, silakan berkomentar pada box di bawah ini.

Sumber gambar : sesri.wordpress.com




4 comments:

Oh gitu ya kak...kalau TRBUCHET font di blogku kegedean ya? tapi aku dah PW? gimana dong?

terimaksaih shar nya sobat " izin baca baca ya

sama" it....
oke aku izini kok...hehehe

kebetulan ini yang saya cari-cari.. blog saya malah gede2&lebar2. kalo sempet mampir ya, trims :)

Post a Comment

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

SELAMAT DATANG DI BLOGKU © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu