Saturday, June 19, 2010

Postingan Lambat Terindeks? Mungkin Ini Penyebabnya


indeks googlePostingan yang saya publish beberapa hari lalu (tentang Download BatteryCare 0.9.7.0) ternyata sangat lambat terindeks oleh search engine google. Bahkan yang muncul cuma halaman home (ketika saya ketikkan keyword sesuai judul lengkap artikel tersebut, dengan diapit tanda petik dua).

Kalau tanpa tanda petik malah tidak muncul sama sekali. Malahan yang muncul adalah keyword judul postingan tersebut yang terdapat pada area komentar blog-blog lain, terutama yang menggunakan plugin commentluv (yang notabene berstatus no follow). Waduh… Jadi malu juga nih
Nekat membahas masalah kelebihan blog do follow (yang saya klaim membantu terindeksnya postingan dengan lebih cepat). Eh, yang terjadi pada postingan tersebut malah sebaliknya. Pukulan telak nih buat saya.

Tapi tunggu dulu. Yang salah bukan status do follownya. Setelah saya renungkan sejenak, ini dia 5 penyebab mengapa postingan blog bisa lambat terindeks oleh google :

1. Frekuensi update yang jarang sekali.

Dua bulan terakhir ini saya sudah jarang sekali menulis/memposting artikel untuk blog ini. Penyebabnya? Silakan baca tentang mati ide karena sudah jarang nonton tv. Yang jelas, saya telah melakukan salah satu Kesalahan Ngeblog.

Efek nyata : beberapa postingan terakhir blog ini tidak secepat dulu lagi dalam hal proses indeks oleh mesin pencari. Kondisinya tidak seperti saat saya masih rutin dan sering mempublish artikel (beberapa bulan lalu). Di mana dalam seminggu antara 2-3 postingan. Sekarang? Satu post per minggu saja masih ngos-ngosan rasanya.

2. Pergantian template yang agak berbeda struktur dengan template sebelumnya.

Struktur di sini lebih saya maksudkan pada hal-hal yang bisa mempengaruhi SEO (optimasi blog di mesin pencari). Dan jujur saja, perbedaan utama struktur template yang sekarang saya gunakan dengan struktur template sebelumnya yaitu terletak pada bagian “post header line”-nya.

Mungkinkah itu berpengaruh terhadap SEO? Bisa jadi. Buktinya artikel tentang kelebihan blog do follow (yang menjadi artikel perdana semenjak “berganti baju baru”) sangat lambat terindeks oleh google. Seperti yang telah saya jelaskan sedikit di awal paragraf.

Tetapi indeks postingan lawas sepertinya tidak terpengaruh oleh perubahan template ini. Mungkin karena perbedaan strukturnya tidak terlalu mencolok.

3. Terjadinya error pada settingan google sitemap.

Hal ini pernah saya alami. Efeknya ternyata membuat postingan terbaru saya lambat terindeks oleh google.

4. Mensetting/mendaftar ulang google sitemap yang tidak bermasalah.

Inilah kesalahan saya semenjak berganti template. Proses verifikasi google sitemap ternyata bisa mempengaruhi kecepatan indeks terhadap artikel yang baru kita publish. Mungkin karena proses penyesuaian yang butuh sedikit waktu.

Pesan saya, jika google sitemap blog anda tidak bermasalah atau tidak error, sebaiknya jangan kembali mendaftar/mensubmite ulang (walaupun mungkin blog anda berganti template).

5. Jadwal posting yang kurang teratur.

Beberapa bulan lalu saya secara rutin memposting review/ulasan acara The Master RCTI setiap hari Sabtu/Minggu. Mungkin karena sudah akrab dengan Mbah google, artikel-artikel review saya tersebut dengan mudah dan cepat sekali terindeks di halaman hasil pencarian. Cuma dalam selang waktu beberapa menit saja.

Sekarang? Kondisinya sudah agak berbeda. Saya sudah jarang update konten. Sudah begitu, jadwal posting pun tidak teratur. Efeknya? Ternyata cukup berpengaruh juga pada kecepatan indeks postingan terbaru. Terkecuali sudah banyak yang berkomentar atas postingan terbaru tersebut.

***

Ok. Cukup 5 poin dulu deh. Semuanya murni hasil pengalaman pribadi saya dengan blog ini. Mungkin ada tambahan lain? Komentar anda sangat saya butuhkan sebagai pelengkap sharing di atas.


sumber:: berbagai blog

2 comments:

Iya Mas , , aku setuju dengan itu . . .postinganku juga banyak yg ngga terindex . .hehe

bener bro...postingan ane jg banyak yg g ke index

Post a Comment

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

SELAMAT DATANG DI BLOGKU © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu